Gambaran Umum

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Serang terbentuk berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 7 tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota serang dan ditetapkan dengan Peraturan Walikota Kota Serang Nomor 16 Tahun 2017 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Serang.

Sebelumnya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Serang merupakan SKPD Pemisahan dari SKPD gabungan yaitu Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil, Sosial dan  Tenaga Kerja berdasarkan Peraturan Daerah Kota Serang Nomor 9 Tahun 2008 tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Perangkat Daerah Kota Serang. Kemudian Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Serang Nomor 14 Tahun 2010 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah Kota Serang  dipisahkan menjadi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Serang  yang dipimpin oleh seorang Kepala Dinas.

Kedudukan instansi ditetapkan berdasarkan Peraturan Walikota Kota Serang Nomor 29 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi dan Tata Kerjan Perangakat Daerah Kota Serang dan Peraturan Walikota Serang Nomor 16 Tahun 2017 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Serang, yaitu sebagai berikut :

  1. Kedudukan

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Serang berdasarkan berdasarkan Peraturan Walikota Kota Serang Nomor 29 Tahun 2016 tentang  Kedudukan, Susunan Organisasi dan Tata Kerjan Perangakat Daerah Kota Serang merupakan unsur pelaksana urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, dipimpin oleh Kepala Dinas yang berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Walikota melalui Sekretaris.

  1. Tugas Pokok dan Fungsi

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Serang mempunyai tugas membantu Walikota melaksanakan urusan pemerintahan di bidang Administrasi Kependudukan yang menjadi kewenangan Daerah dan tugas pembantuan yang diberikan pada Daerah sesuai dengan visi, misi dan program Walikota sebagaimana dijabarkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, kemudian untuk menyelenggarakan tugas pokok tersebut Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Serang mempunyai fungsi :

  1. Perumusan kebijakan teknis pelaksanaan urusan pemerintahan daerah di bidang kependudukan dan pencatatan sipil;
  2. Pelaksanaan kebijakan sesuai dengan bidang kependudukan dan pencatatan sipil;
  3. pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang kependudukan dan pencatatan sipil;
  4. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan di bidang kependudukan dan pencatatan sipil;
  5. pelaksanaan administrasi Dinas sesuai dengan bidang kependudukan dan pencatatan sipil;
  6. pengelolaan UPT; dan
  7. pelaksanaan tugas lain yang diberikan Walikota sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.